Tips Membedakan Mebel Jepara Asli Berkualitas


Apabila anda pecinta mebel jepara dan suka mengoleksi perabot berupa mebel kayu jati dari Jepara. Baik mebel kayu jati minimalis maupun mebel kayu jati ukir. Maka anda perlu untuk mengetahui apakah mebel yang anda beli asli dari kayu jati yang berkualitas atau sebaliknya. Untuk bisa membedakan apakah mebel yang anda beli merupakan kayu jati jepara asli dan berkualitas anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

 Memperhatikan Serat Kayunya

Semakin tua umur kayu jati maka kayu tersebut akan semakin baik dan semakin stabil penampang papannya.  Kayu jati yang sudah tua juga memiliki kemungkinan untuk menyusut, pecah, ataupun retak yang minim. Umur kayu jati dapat diketahui dari jumlah lapisan cincinya dan kerapatannya. Semakin rapat dan banyak cincinya itu berarti semakin tua. Serat kayu Jati juga lebih kuat dan memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan kayu jenis lainnya.

Memperhatikan Jumlah Mata Kayu Sebagai Cacat Alami Kayu

Mata kayu terdiri dari mata kayu hidup dan mata kayu mati, mata kayu mati biasanya nampak tidak ada keretakan, sedangkan mata kayu hidup akan memperlihatkan keretakan. Usahakan dalam membeli mebel perhatikan jumlah mata kayunya, semakin banyak mata kayu maka sebaiknya anda hindari. Sebab, resiko keretakannya sangatlah tinggi.

Perhatikan Bunyi Getoknya dan Bentuk Permukaannya

Mebel yang berasal dari kayu jati yang sudah berumur tua biasanya memiliki bunyi getok yang lebih berat atau keras. Mebel dengan bahan dasar kayu jati yang sudah tua juga memiliki permukaan yang lebih kasar dibandingkan kayu jati yang lebih muda atau yang bukan kayu jati.

Warna Kayu Jati Asli memiliki Ciri Khas yang Hidup

Apabila anda bandingkan dengan kayu jenis lainnya. Kayu Jati memiliki corak yang sangatlah indah juga terlihat hidup. Kayu jati yang sudah tua memiliki warna coklat yang lebih merata sebab pigmen yang menghasilkan warna coklat sudah terbentuk. 

No comments for "Tips Membedakan Mebel Jepara Asli Berkualitas"